Review Boruto: Naruto Next Generations Episode 10

Tags


Yak! Ketemu lagi dengan saya pemirsa, admin yang sebenernya males buat ketikan review panjang lebar tapi akhirnya buat juga karena ga ada admin lain yang buat. Kali ini kita akan mereview episode #10 ala admin. Dan maaf untuk review Boruto Chapter #10 kemarin malah seperti ringkasan, karena sejujurnya admin sendiri bingung apa yang pengen di review 😂
Fokus episode terbaru yang rilis semalam adalah dimulainya penyelidikan untuk mencari kebenaran tentang Ghost! Iya "Ghost" yang dalam bahasa Indonesia berarti "Hantu". Mulai sekarang kita bisa sebut bayangan misterius, monster chakra ungu yang merasuki orang-orang itu dengan sebutan "Ghost", sebuah nama pemberian dari Boruto yang kurang keren menurut Shikadai tapi akhirnya setuju juga.
Episode #10 adalah episode awal untuk mengungkap siapa dalang dibalik insiden Ghost. Di sini juga mengandung beberapa informasi penting untuk mengantarkan cerita ke fase berikutnya. Boruto yang telah mendapat mimpi tentang matanya yang merupakan bintang harapan untuk melawan bencana dunia yang akan datang, mulai melakukan investigasi independen bersama Shikadai dan Mitsuki. Sementara itu investigasi lain juga dilakukan oleh Konoha dengan mengirim Sai yang berpengelaman di ANBU Root (Ne) dulu.
Boruto, Shikadai, Mitsuki, mereka bertiga melakukan investigasi dengan mengorbankan waktu belajar di sekolahnya, ya mereka bolos sekolah. Jangan ditiru ya murid-murid (ala cikgu). Meski mereka sudah izin akhirnya tetap jadi masalah juga, mereka kena marah emaknya (khusus Mitsuki ga tau kena marah Orochimaru atau engga), semua ini karena Mitsuki yang terlalu absurd nulis surat izin ke sekolah.
Akibatnya Hinata dan Boruto dipanggil ke sekolah, di sini terjadi reuni dua orang dari Tim 8, Shino dan Hinata. Pada akhirnya Shino mengerti tindakan Boruto, ia kemudian memberi tugas pada muridnya yang memungkinkan Boruto tetap bisa melakukan penyelidikan Ghost di luar sekolah tanpa absen mengikuti pelajaran, tugas yang diberi nama mencari pengalaman di tempat kerja, ibarat PKL kalau di dunia kita.
Boruto terus mengamati penjuru desa untuk mencari Ghost, tapi sayangnya dia sama sekali tidak dapat menemukannya. Berbeda dari episode² sebelumnya, saat Boruto tak ada niat mencari, Ghost muncul di depannya, dan total sudah 7 kasus terjadi. Tapi sekarang, saat Boruto ada niat mencari dan menyelidiki, Ghost tak muncul sekalipun. Ibarat kehidupan, seperti teman kita yang ngutang, muncul bisa kapan saja eh tapi saat mau ditagih entah hilang kemana. Luar biasa!
Di pihak Konoha, Sai juga mulai bergerak, insiden Ghost kedelapan terjadi di Taman Senju, insiden Ghost kini meluas dan tidak terjadi di sekitar Akademi saja. Nah sebelum lanjut, mau singgung sebentar tentang nama lokasi kejadiannya, keren nih dimana sebuah nama-nama legendaris dijadikan nama tempat di era Boruto.
Sama seperti di Indonesia yang nama-nama pahlawan diabadikan menjadi nama tempat, monumen, atau nama jalan. Mungkin nanti di dunia Naruto ada juga nama seperti Jl. Uchiha Madara, Taman Jomblo Hatake, untuk mengenang kejombloan Kakashi yang abadi (Hatake confirmed nama sebuah klan), atau ada nanti Stadion Gelora Bung Hiruzen, haha ngarang.
Oke lanjut. Sai di tempat kejadian menemukan sebuah petunjuk jika insiden Ghost ada hubungannya dengan sel Hashirama dan mantan organisasinya dulu, Root. Korban Ghost terlihat kering kerontang seperti kehabisan cairan. Sai menemukan sisa pengguna Mokuton (Elemen Kayu) di lokasi kejadian, tapi faktanya jarang sekali pengguna Mokuton yang tersisa, kalaupun ada pasti kekuatannya tidak murni karena didapat melalui penanaman sel Hashirama ke tubuhnya, seperti kasus Obito dan Danzo. Sel Hashirama juga bukan sesuatu yang mudah untuk dikendalikan, seorang jenius seperti Orochimaru pun bahkan kesulitan menangani sisa peninggalan Hokage Pertama tersebut.
Dugaan Sai jika insiden Ghost berhubungan dengan Root karena organisasi inilah yang memulai penelitian tentang sel Hashirama. Lebih khusus lagi, sel Hashirama ini digunakan oleh sebuah tim super rahasia bentukan Root untuk meneliti alat yang bisa mengekstrak chakra manusia. Tim rahasia tersebut juga bergerak di bagian persenjataaan militer.
Meski Root sudah dibubarkan, mantan anggotanya tentu masih ada dan sekarang bisa bersembunyi di mana saja. Tujuan mengekstrak chakra manusia lebih lanjut dikatakan Sai adalah untuk memanen chakra. Tujuan ini sama dengan tujuan Momoshiki di Movie Boruto. Kita tahu timeline di anime ini sebelum Momoshiki datang ke bumi, jadi apakah benar Ghost ini ada hubungannya dengan kedatangan Momoshiki nanti? Entahlah.
Di episode ini kita juga dapat melihat keromantisan pasangan Naruto Hinata. Naruto yang selalu sibuk dengan pekerjaannya membuat ia jarang sekali di rumah, tapi Hinata yang lemah lembut tapi serem kalau udah marah mengerti hal itu, ia tahu konsekuensi menjadi istri dari seorang Hokage. Kemudian Naruto juga mengungkapkan kalau sebagai ayah ia tidak tahu cara berinteraksi dengan Boruto yang semakin tumbuh dewasa. Hal itu karena Naruto tidak dapat pelajaran dari hidupnya di masa lalu, ia tumbuh tanpa seorang ayah yang harusnya mengajarinya.
Terakhir, misteri siapa dalang dibalik insiden Ghost sepertinya sudah terpecahkan dalam beberapa minggu ke depan, atau mungkin bisa lebih lama. Tapi jika dilihat dari judul² serta preview² episode selanjutnya yang sudah admin DNI posting kemarin, dalang serta monster Ghost ini akan muncul yang artinya "Arc Ghost" semakin menuju klimaksnya.
Sekian...


EmoticonEmoticon