Review Boruto: Naruto Next Generations Episode 11

Tags


Kembali bertemu dengan saya. Yak, sudah nonton episode 11 kan ? Bagus kalau sudah, tapi kalau belum cepetan tonton, rugi deh kalau gak nonton, soalnya di Arc Ghost ini satu episode ke episodenya bisa dibilang saling berkaitan.

Episode #11 menambah informasi baru dengan lebih mendekatkan kita mengungkap siapa dalang dibalik Ghost yang selama ini dicari Boruto dkk. Yah walaupun di ending, Boruto dan yang lain gagal menangkap dalang tersebut. Di pihak Naruto, investigasi yang dilakukan Sai makin mengarah ke Ne.

Sai tambah yakin bahwa Ne terlibat dalam semua insiden yang terjadi di desa Konoha ini, ia bahkan merasa bertanggung jawab sampai tak kenal lelah untuk menyelidikinya. Sai berpikir jika memang ada anggota Ne yang terlibat, ia ingin menyadarkannya, seperti Naruto menyadarkannya dulu.

Setelah kejadian di pabrik pemurnian air, Sumire, Namida dan Wasabi kita dapati telah berada di rumah sakit. Disana juga ada beberapa teman sekelas yang sedang menjenguknya termasuk Boruto. Boruto merasa bersalah atas musibah yang terjadi pada Sumire. Boruto berpikir jika saja ia melakukan pengiriman pos dengan baik, mungkin dia ada di waktu yang tepat saat Sumire diserang. Di sini Boruto mendapat pelajaran, jika melakukan pekerjaan tidak boleh ngasal.

Tentang Sumire, fakta ia anak yatim piatu sebenarnya sudah pernah admin bahas jauh hari sebelum episode #11 rilis. Sumber pertama yang memberitahu Sumire anak yatim piatu adalah Novel Boruto, artinya cerita novel dan anime ini berhubungan satu sama lain.

Naruto muncul juga di rumah sakit untuk menyuruh anaknya berhenti bermain detektif. Namun akhirnya ia melunak setelah Shino berbicara atas nama Boruto. Naruto diketahui adalah orang yang menyelamatkan Sumire dan kedua temannya, tapi sayangnya kita tidak ditunjukkan secara spesifik apa yang sebenarnya terjadi di pabrik pemurnian air. Kita hanya diberitahu bahwa seorang pekerja pabrik dirasuki Ghost dan mengamuk, lalu Sumire datang untuk melindungi temannya, akibatnya ia terluka. Namun yang kita ingin tahu, jika Naruto hadir saat kejadian itu, apakah ini berarti ia memang bertempur dengan Ghost atau hanya sampai di tempat kejadian setelah chakra korban habis. Bagian ini tidak dijelaskan.

Kemudian kita coba fokus ke Ghost. Di bagian akhir episode, bentuk Ghost diperlihatkan lebih jelas dari sebelum²nya. Dikatakan jika tujuan monster ini menyerap chakra negatif dari hati yang lemah, membuka pintu yang diciptakan sel Hashirama dan menjadi nutrisi untuk membangkitkan monster yang disebut Nue. Coba perhatikan gambar yang admin upload bagian kiri, ada sebuah simbol besar berwarna merah gelap di mana setiap sisinya tumbuh seperti kepingan segitiga kecil. Simbol itu sepertinya adalah syarat membangkitkan Nue jika sisi-sisinya sudah lengkap.

Jika flashback, Denki adalah korban pertama yang diperlihatkan pada Arc Ghost ini. Saat Denki dirasuki, sebuah kepingan segitiga muncul di sisi (gambar kiri atas). Jika kita perhatikan lagi, kepingan segitiga Denki itu ternyata bukanlah yang pertama. Simbol besar itu sudah memiliki tiga buah yang tumbuh di sisinya, yang artinya Denki adalah korban keempat, karena 1 korban berarti 1 kepingan segitga akan muncul.

 Kesimpulannya adalah butuh 16 korban untuk melengkapi simbol besar ini, dan di episode kemarin hanya kurang satu saja, setelah itu Nue sepertinya benar-benar akan bangkit.

Untuk menyelidiki Ghost, kali ini Boruto atas ide Shikadai membawa lebih banyak pasukan. Senang rasanya melihat Metal Lee, Iwabe, Denki, Inojin beraksi kembali setelah beberapa minggu terakhir mereka kurang dapat porsi bagian untuk tampil.

 Boruto dan pasukan barunya ini berhasil memergoki dalang di balik Ghost setelah membaca pola pergerakan musuhnya itu, cukup pintar untuk murid yang bahkan belum menjadi genin. Identitas penjahat ini tetap menjadi misteri, karena wajah pelaku tersebut tersembunyi di balik topeng yang memiliki kemiripan dengan topeng yang digunakan anggota ANBU.

Semua berniat melawan dan tidak membiarkan penjahat bertopeng itu kabur, tapi tidak dengan Mitsuki. Entah mengapa Mitsuki yang mengejar sosok bertopeng itu berhenti dan memilih untuk membiarkannya pergi. Mitsuki yang dari awal kita curigai sebagai dalang dibalik Ghost, ternyata benar ia tahu sesuatu tentang sosok yang sedang dihadapi Boruto.

 Ia selama ini memilih diam dan mengikuti Boruto untuk mengungkap Ghost. Tujuan Mitsuki di sini memang hanya ingin menguji Boruto yang dianggap sebagai 'Matahari' bagi dirinya.
Episode Rabu depan diharapkan membuat kemajuan lebih lanjut. Jika melihat preview episode pasca bagian credit, Mitsuki ingin memberi tahu Boruto suatu hal.

Apakah Mitsuki akan buka suara tentang apa yang ia ketahui soal Ghost pada Boruto? Menarik mengetahui apa hubungan Mitsuki dengan insiden yang terjadi selama ini. Dengan kebangkitan Nue yang tak lama lagi akan terjadi, serta kemunculan sang dalang, Arc Ghost ini semakin menuju klimaksnya.

Sekian... :)


EmoticonEmoticon